TUGAS BAHASA INDONESIA
BIOGRAFI GURU


  





Oleh
Azizah Rahmawati
XI MIPA 1 / 17031




SMA NEGERI 2 MALANG
Jl. Laksamana Martadinata 84 Malang,
telepon (0341)366311-364357 Fax. (0341)366311/364357 ext. 106
Website : www.smandaku.com
2016 / 2017










Sang Guru Penyemangat

Taufik Hidayat atau yang akrab dipanggil Pak Taufik ini adalah salah satu guru yang selalu memberikan semangat kepada siswa-siswanya di SMA Negeri 2 Malang. Pria yang akrab dipanggil Nanang di lingkungan keluarganya ini terlahir pada 30 September 1974. Selain itu, pria kelahiran Malang ini juga memiliki hobi yang unik yaitu melakukan eksperimen-eksperimen tentang program aplikasi computer.
Dalam menggapai karirnya, Pak Taufik memiliki banyak pengalaman dalam menimba ilmu. Di tahun 1993 beliau berhasil menyelesaikan S1nya di Universitas Muhammadiyah Malang dengan jurusan teknik elektronika dan komunikasi. Di tahun 2004-2005 beliau menimba ilmu di TEDC yang berada di Cimahi dengan jurusan elektronika. Di tahun 2005 beliau kembali menimba ilmu di Universitas Kanjuruhan Malang Ilmu Pendidikan dan Keguruan. Dan ditahun 2006 beliau menimba ilmu di Universitas Brawijaya Malang dengan jurusan elektronika untuk computer dan informatika.
Dalam riwayat pendidikannya, beliau juga mendapatkan penghargaan-penghargaan atas prestasi yang pernah diraih. Beliau pernah mendapatkan penghargaan atas peserta seminar terbaik di UM tahun 2013 dan tiga tahun berturut-turut mendapat nomor satu nasional saat pelatihan guru teknik di Cimahi yang diadakan TEDC.





Sebelum mengajar di SMA Negeri 2 Malang, beliau memiliki pengalaman kerja yang banyak sekali. Pak Taufik pernah mengajar di bimbingan belajar atau yang biasa disebut bimbel, beliau juga pernah menjadi instruktur komputer di salah satu kursus komputer. Di tahun 1996-2000 beliau bekerja sebagai asisten di laboratorium komputer Muhammadiyah. Beliau juga pernah bekerja di Petungrejo Pare dan Pikni. Di tahun 2004 beliau bekerja di SMP Advan Purwodadi. Kemudian di tahun 2002-2004 beliau bekerja di SMAN 10 Malang. Di tahun 2010-2015 beliau bekerja di SMA Lab Malang. Dan mulai dari tahun 2002-sekarang beliau bekerja sebagai guru prakarya rekayasa di SMA Negeri 2 Malang. Kesan-kesan beliau saat pertama kali mengajar di SMA Negeri 2 Malang adalah unik. Beliau menjelaskan bahwa siswa-siswi SMA Negeri 2 Malang itu beraneka ragam karakternya. Disamping itu, lingkungan SMA Negeri 2 Malang juga sangat mendukung. Berbeda dengan sekolah lainnya yang berbasis keilmuan, namun lingkungan SMA Negeri 2 Malang ini berbasis alam dan keilmuan sehingga mendukung proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Malang.
Pria yang memiliki motto hidup tak bermimpi setinggi langit namun hanya setinggi almariini juga memiliki motivator hidup yaitu orang tuanya terutama ibunya dan guru elektro SMPnya, mekipun karirnya cukup luar biasa, beliau juga pernah merasakakan kejenuhan. Namun beliau bisa mengatasinya dengan cara mencari penyebab kejenuhannya dan kemudian merelaksasikannya. Kesibukan beliau tidak pernah mengganggu urusan keluarganya. Karena beliau berprinsip bahwa saat dirumah, beliau adalah milik keluarga sehingga tidak akan mengerjakan pekerjaan sekolah. Dan saat di sekolah beliau adalah milik sekolah sehingga beliau akan melakukan tugasnya semaksimal mungkin.
Pria yang menjadi idaman siswa-siswinya ini memiliki harapan untuk semua warga sekolah. Harapan terbesar beliau adalah agar semua warga sekolah dapat mencintai dan menyayangi lingkungan, warganya, dan sistem pendidikannya. Dengan begitu mereka akan merasa lebih nyaman. Bagi saya, Pak Taufik adalah guru yang penuh dengan inovatif dan kreatif. Serta memandang segala ilmu dari keseluruhan atau semesta. Beliau juga sudah memberikan motivasi-motivasi yang amat besar walaupun secara tidak langsung.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

analisis novel van der wijck

Puisi Lama Mantra. Ciri-ciri,pengertian,macam-macam,dan tujuan